Rabu, 29 November 2017

Vitamin D dan Fungsinya

Menurut Wikipedia  Vitamin D adalah grup vitamin yang larut dalam lemak prohormon. Vitamin D dikenal juga dengan nama kalsiferol. Penamaan ini berdasarkan International Union of Pure and Applied Chemist.
 Banyak fungsi yang bisa Anda dapatkan dari vitamin A, B, C, D, E, K. Semua vitamin tersebut sebagian besar terdapat dalam makanan yang berbentuk sayur dan buah, yang biasa Anda konsumsi sehari-hari.Salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh Anda adalah vitamin D. Manfaat vitamin D sangat banyak bagi Anda


Secara umum mungkin Anda sudah mengetahui bahwa vitamin D berfungsi sebagai pembentukan tulang dan gigi mansia agar lebih baik dan kuat. Vitamin D bisa Anda temukan pada makanan, seperti ikan tuna, tomat, biji bunga matahari, minyak ikan, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Bahkan, sinar matahari pagi juga mengandung vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh. Langkah itu dibenarkan karena sinar matahari pagi baik untuk pertumbuhan tulang terutama untuk anak batita (bawah tiga tahun). Namun, harus diketahui jangan sampai menjemur di atas jam 8 karena sengatannya sudah mulai panas. Dan batita cukup dijemur sekitar 30 menit saja dan jangan terlalu lama karena fungsi kulitnya belum sempurna.

Itulah salah satu manfaat vitamin D. Berikut beberapa manfaat vitamin D lainnya yang bisa Anda ketahui.

♻ Menjaga Kekebalan Tubuh
Dalam Vitamin D, terdapat molekul aktif yang disebut Kalsitriol. Fungsinya bagi tubuh yaitu membantu penyerapan kalsium dalam tulang dan otot loh.

Selain itu berfungsi immuno modulator, untuk menjaga kekebalan tubuh. Hmm … kompleks bangat kan?

Kadi, secara tidak langsung. Vitamin D mampu menjaga tubuh kuta dari berbagai penyakit. Horee….

Dan sialnya! Vitamin D itu banyak sekali di sayuran, buah-buahan, dan ikan. Yang mana rasanya tidak bangat.

Struktur Kalsitriol

C27H44O3
Memperkuat Tulang
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya. Vitamin D mempuyai molekul aktif bernama Kalsitriol.

Kalsitriol ini membantu penyerapan kalsium dalam tulang dan otot. Jadi, apa fungsinya Kalsium itu?

Kalsium membantu memperkuat tulang. Jadi, tulang kita bagaikan baja. Tulang tidak akan hancur bila dipukul baja.

Jadi, pesulap itu, yang dipukul sama baja. Badannya tidak hancur bagaimana? Contohnya Limbad.

Hmm … mungkin dia suka makan sayuran, buah-buahan, dan ikan kali. Makanya tulang dia kuat melebihi baja.

♻ Mencegah Pembentukan Kanker
Kanker itu ada bermacam-macam. Ada kanker serviks, kanker payudara, kanker frostat, kanker darah, dan lain-lain.

Tahukah Anda apa itu kanker?

Kanker itu sejenis makanan ringan. Tidak!!! Kanker itu ialah pertumbuhan sel yang abnormal. Ini pertumbuhan sel yang rusak ya.

Biasanya dalam tubuh kita. Jika sel rusak maka ya rusak. Tidak akan menyebar kemana-mana. Tapi bila kanker lain ceritanya. Sudah rusak, menyebar lagi kemana-mana.

Jadi, Vitamin D itu berfungsi mengobati sel yang rusak. Jadi, jika ada sel yang rusak, Vitamin D akan memperbaiknya.

Hal ini efektif mencegah penyakit kanker.

Makanya, orang yang banyak makan daging ikan laut itu, jarang terkena kanker. Namanya sel kulitnya selalu diperbaiki.

Hal yang efektif mendapatkan Vitamin D adalah berjemur di tengah matahari maximal 15 menit. Dari pukul 7.00 – 9.00 pagi.

Kesehatan Anda bergantung pada sinar matahari. Hehehe.

♻ Meremajakan Kulit
Seperti yang sudah dikatakan. Vitamin D memperbaiki sel-sel yang rusak. Hal ini membuat sel-sel tampak seperti baru.

Tentu saja ini berdampak pada kulit Anda. Bayangkan jika sel-sel kulit Anda baru. Seperti mobil baru, maka kulit Anda terlihat cantik, cerah, dan sehat.

Jadi, berjemur di matahari maximal 15 menit pukul 7.00 - 9.00 berguna untuk kesehatan Anda. Dan juga untuk kecantikan Anda. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.

♻ Mencegah Osteoporosis pada Manula
Manula itu adalah orang yang berumur lanjut. Minimal umurnya 55 tahun. Melebihi itu sudah dikatakan Manula.

Jika ditanya, apakah Anda ingin panjang umur sampai usia tua? Jawabannya iya.

Apakah Anda ingin sehat selalu hingga tua? Jawabannya tentu iya. Maka, jangan malas makan sayuran, buah-buahan dan ikan laut. Oh ya, jangan lupa berjemur di matahari maximal 15 menit pukul 7.00-9.00 pagi.

Vitamin D ini berfungsi membantu menyerap kalsium dalam tulang dan otot. Berkat molekul Kalsitriol.

Kalsium kan berguna memperkuat tulang. Maka secara tidak langsung mencegah Osteoporosis.

Berikut ini beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin D super tinggi beserta manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

 #1 Minyak Hati Ikan Kod (Vitamin D : 10.000 IU / 100 gram)

Sumber makanan yang mengandung vitmain D paling tinggi adalah minyak hati ikan kod yang mengandung 10.000 International uni. Ikan kod merupakan jenis ikan yang memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Daging ikan kod banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti makanan asin, kemasan dan juga ikan segar. Hati ikan kod banyak diolah menjadi minyak yang dikemas dalam kapsul.

Berikut ini manfaat mengkonsumsi minyak hati ikan kod.

♻ Minyak ikan Kod memiliki kandungan vitamin D yang sangat tinggi. Vitamin ini membantu penyerapan kalsium oleh tubuh, meringankan gejala sakit osteoporosis, mengurangi rasa sakit pada penderita penyakit tulang dan melawan kerusakan tulang.
♻ Kandungan lipid dan asam lemak omega 3 dalam minyak hati ikan kod sangat baik untuk mencegah pengapuran dan penimbunan plak pada arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.
♻ Minyak hati ikan kod juga sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka karena mengandung zat alami yang dapat melawan infeksi tubuh.
♻ Kandungan vitamin D dalam minyak hati ikan kod juga berpotensi untuk meningkatkan kecerdasan otak, membantu fungsi otak dan mencegah kepikunan.
 #2 Ikan Salmon (Vitamin D : 1400 IU/ 100 gram)

Ikan salmon adalah jenis ikan yang banyak ditemukan di samudra Atlantik. Ikan salmon memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Ikan salmon menjadi salah satu makanan terbaik dari Jepang sebagai hidangan Sushi atau makanan mentah. Di Indonesia ikan salmon memang masih menjadi produk impor dan Anda bisa mendapatkan ikan salmon dari supermarket. Meskipun irisan ikan salmon memiliki harga yang lebih mahal namun sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa jenis manfaat ikan salmon untuk kesehatan.

♻ Ikan salmon banyak mengandung vitamin D yang sangat baik untuk mendukung kesehatan tulang dan gigi. Ikan salmon bisa mengatasi dan mencegah gangguan penyakit tulang seperti ostheoarthritis dan semua masalah peradangan pada sendi. Bahkan kandungan kalsitonin dalam ikan salmon bisa meningkatkan kadar kolagen sehingga tulang rawan bisa menjadi sangat baik.
♻ Kandungan omega 3 dalam ikan salmon juga mendukung fungsi otak, meningkatkan kecerdasan, dan mencegah depresi.
♻ Omega 3 pada ikan salmon juga sangat berperan untuk mengatasi penyakit jantung, mencegah penyakit pembekuan darah dan melindungi arteri jantung. Hal ini membuat ikan salmon bisa menurunkan resiko penyakit jaunting, stroke, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.
#3 Tuna Kaleng (Vitamin D: 880 IU / 85 gram)

Makanan yang mengandung vitamin D super tinggi selanjutnya adalah tuna kaleng. Tuna adalah jenis ikan yang memiliki rasa lembut dan lezat. Tuna banyak ditemukan di perairan Indonesia dan beberapa perbatasan perairan Indonesia. Olahan tuna yang sangat populer adalah tuna kaleng. Ikan tuna ini telah melewati berbagai macam tahap pengolahan sehingga Anda hanya perlu menghangatkan atau menambahkan bumbu kesukaan. Penambahan beberapa jenis tuna dan bumbu masak dalam kaleng membuat kandungan vitamin dan nutrisi ikan tuna menjadi lebih tinggi. berikut ini adalah beberapa manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh.

♻ Kandungan omega 3 dalam tuna kaleng bisa mencegah berbagai jenis penyakit jantung, membantu tubuh menurunkan kolesterol, menghambat pembentukan plak pada pembuluh darah dan bisa mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.
♻ Kandungan protein dan kalori dalam tuna bisa menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.
♻ Vitamin D dalam tuna bisa membantu memperkuat sistem imunitas tubuh, mencegah masalah penyakit tulang dan memperkuat struktur tulang dan gigi.

#4 Ikan Haring (Vitamin D: 215 IU/100 gram)

Ikan haring adalah jenis ikan yang paling banyak ditemukan di Samudra Atlantik. Di Indonesia jenis ikan haring didapatkan secara impor. Ikan haring memiliki rasa daging yang lembut dan rasa yang lezat. Setiap 5 ons ikan haring mengandung setidaknya 270 kalori, lemak sehat, protein, vitamin dan mineral. Bahkan kandungan vitamin D dalam ikan haring bisa mencapai sekitar 215 IU per 100 gram. Berikut ini adalah manfaat ikan haring untuk kesehatan tubuh.

♻ Kandungan vitamin B kompleks dan zat besi dalam ikan haring bisa mensuplai produksi sel-sel darah merah dalam darah. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.
♻ Kandungan vitamin D, kalsium, fosfor dan magnesium dalam ikan haring mampu mencukupi kebutuhan mineral untuk tubuh. Mineral ini dipakai untuk pembentukan tulang dan gigi, memperkuat tulang dan menjaga tubuh dari serangan infeksi.
#5 Ikan Sarden (Vitamin D: 190 IU/100 gram)

Ikan sarden adalah jenis ikan yang banyak ditemukan di Indonesia. Persediaan ikan sarden yang melimpah bisa dimanfaatkan oleh semua orang. Ikan sarden banyak diolah menjadi makanan kaleng yang sudah diperkaya nutrisi dari bumbu dan minyak zaitun. Selain itu ikan sarden juga banyak mengandung magnesium, fosfor, selenium, protein dan asam lemak omega 3. Mengkonsumsi 100 gram ikan sarden selama dua kali seminggu sudah mencukup kebutuhan dasar vitamin D. Manfaat ikan sarden juga sangat baik untuk kesehatan, antara lain:

♻ Vitamin D yang ditemukan dalam ikan sarden bisa mencukup kebutuhan harian vitamin rata-rata orang dewasa dan anak-anak. Vitamin D akan membantu proses penyerapan kalsium sehingga tulang dan gigi menjadi sehat dan kuat.
♻ Produksi sel darah merah yang dilakukan oleh vitamin B12 dalam ikan sarden juga sangat penting untuk tubuh. Bahkan kandungan vitamin A dalam ikan sarden juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.
♻ Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan sarden juga berperan untuk menjaga otot jantung, mencegah serangan jantung, dan menurunkan kolesterol buruk dalam darah.
#6 Caviar (Vitamin D : 119 IU/100 gram)

Caviar adalah makanan yang didapatkan dari telur ikan. Jenis ikan yang bisa digunakan untuk caviar adalah ikan Beluka atau Sturgeon. Di Indonesia hidangan caviar hanya disajikan oleh restoran mewah. Harga caviar sangat mahal dan tidak semua orang bisa menikmati sajian caviar mentah. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengkonsumsi caviar untuk kesehatan tubuh.

♻ Kandungan vitamin A, C, D dan E dalam caviar hitam sangat bermanfaat untuk tubuh. Semua jenis vitamin ini mendukung kesehatan sistem tubuh dengan meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan sistem antibody, dan mencegah kerusakan sel sehat pada tubuh.
♻ Kandungan zinc dalam caviar berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memproduksi sel-sel darah merah, dan membantu tubuh menyerang infeksi bakteri dan penyakit.
♻ Kandungan lemak omega 3 dalam caviar bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena bisa membentuk eikosanoid yang memancing pekerjaan sel imunitas dalam tubuh. Bahkan kandungan omega 3 juga sangat baik untuk mencegah penyakit yang disebabkan karena inflamasi dalam tubuh.
#7 Susu (Vitamin D : 98.7 IU/175 ml)

Susu adalah minuman yang sangat umum. Susu memiliki rasa yang manis, lezat dengan struktur yang kental dan hangat di perut. Susu banyak diminum oleh anak-anak dan orang dewasa selalu takut minum susu karena kandungan lemak dalam susu. Sebenarnya orang dewasa dan orang tua wajib mengkonsumsi susu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Susu memiliki berbagai jenis kandungan nutrisi, mineral dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Berikut ini manfaat mengkonsumsi susu secara rutin.

♻ Susu memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan tulang. Susu yang telah dilengkapi dengan vitamin D sangat baik untuk dewasa dan orang tua untuk mencegah masalah penyakit tulang dan memperkuat kepadatan gigi.
♻ Protein dalam susu berfungsi untuk membantu tubuh dalam membangun kekuatan otot sehingga bisa menjadi sumber tenaga yang sehat untuk tubuh.
♻ Susu rendah lemak bisa membantu program diet apabila dikonsumsi secara rutin. Susu bisa membuat tubuh menjadi lebih santai dan rileks dalam keadaan tertekan.
#8 Ikan Kod (Vitamin D: 48 IU/100 gram)

Ikan kod adalah salah satu jenis ikan yang memiliki habitat di laut. Ikan kod ditemukan dalam jumlah yang besar sebagai hasil perikanan laut. Ikan kod memiliki berbagai kandungan nutrisi, vitamin dan mineral. Bahkan hati ikan kod sering diolah menjadi minyak yang dijual dalam kemasan kapsul. Anda bisa mendapatkan ikan kod dari supermarket, karena memang biasanya sulit untuk ditemukan dari hasil tangkapan nelayan biasa. Berikut ini manfaat ikan kod untuk kesehatan tubuh.

♻ Vitamin D dalam ikan kod bisa bermanfaat untuk membantu tubuh dalam melakukan penyerapan kalsium untuk tulang dan gigi. Hal ini membuat tubuh tidak mudah terkena penyakit gangguan kesehatan tulang dan juga masalah pernafasan. Selain itu ikan kod juga membantu mencegah kanker usus.
♻ Ikan kod memiliki protein tinggi dan kalori yang rendah sehingga sangat baik untuk mendukung program diet. selain itu juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otot tubuh dan menghindari kerusakan sel karena kegiatan yang terlalu aktif.
♻ Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan kod sangat baik untuk mencegah penyakit jantung dan diabetes. Asam lemak omega 3 berperan untuk mengatur kolestrol dalam darah, mengatur tekanan darah tinggi dan mencegah penimbunan plak pada arteri.
♻ Vitamin B12 dan B6 dalam ikan kod bisa mengatur kadar homosistein dalam darah sehingga bisa mencegah proses stroke dan serangan jantung.
#9 Jamur Shitake (20.8 IU/100 gram)

Jamur shitake adalah salah satu jenis jamur yang berasal dari Jepang. Jamur ini memiliki bentuk batang panjang dan kecil. Kepala jamur juga memiliki ukuran yang sangat kecil dan menyerupai seperti kecambah.

Produk jamur shitake menjadi salah satu produk impor yang bisa diolah menjadi sup, campuran masakan mie dan beberapa masakan lain. Kandungan vitamin D yang tinggi pada jamur shitake disebabkan karena jamur ini tumbuh di lingkungan terbuka dan banyak menyerap sinar matahari. Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi jamur shitake untuk kesehatan tubuh.

♻ Jamur shitake menjadi salah satu makanan yang sangat baik untuk membantu proses penurunan berat badan. Kandungan kalori, serat dan protein dalam jamur shitake memiliki porsi yang sangat sesuai untuk membuat perut bisa merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.Kandungan vitamin B komplek dalam jamur shitake bisa menjadi sumber energi untuk tubuh, membantu produksi sel-sel darah merah dan melindungi tubuh dari anemia.
♻ Jamur shitake memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik untuk mengelola sistem kekebalan tubuh, mencegah kerusakan tulang dan juga untuk memperkuat kepadatan gigi.
♻Mineral dalam jamur shitake seperti magnesium, kalsium dan fosfor bisa membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sehat.
Jamur adalah makanan sehat untuk diet yang cukup ampuh untuk menambah stamina selama diet.

#10 Keju Chedar (Viamin D : 16 IU/ 100 gram)

Keju Chedar adalah salah satu jenis keju yang diolah dari susu sapi dan telah diperam dalam waktu tertentu. Keju ini biasanya kita dapatkan dari keju kemasan berupa produk impor. Bentuk dan jenis keju Chedar sangat beragam. Ada jenis keju putih dan kuning dengan berbagai jenis tekstur. Konsumsi keju Chedar bisa digunakan sebagai taburan roti, kue atau pasta. Nutrisi dalam keju Chedar sangat penting untuk kesehatan tubuh, antara lain adalah:

♻ Kandungan protein dalam keju chedar mengandung berbagai jenis asam amino yang sangat baik untuk mengendalikan kondisi kesehatan, menjadi sumber tenaga dan asupan nutrisi yang baik untuk otot tubuh.
♻ Keju chedar mengandung semua jenis vitamin yang penting untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. beberapa jenis vitamin ini bisa membantu tubuh agar tidak terserang zat radikal bebas penyebab kanker, pembentukan sel-sel darah merah, pertumbuhan sel sehat dan mendukung produksi DNA tubuh.
♻ Kandungan kalsium dalam keju chedar sangat baik untuk mendukung fungsi otot, syaraf dan tulang. Bahkan dalam keju chedar juga ditemukan fosfor, magnesium, dan seng yang penting untuk menjaga fungsi ginjal, pembentukan protein tubuh dan menjaga sistem kekebalan tubuh.
Keju juga berperan sebagai makanan penambah darah super cepat. Selain 10 makanan di atas ada berbagai sumber vitamin D yang cukup tinggi.

Sumber Vitamin D Lainnya

Susu, Vitamin D 40 IU, 10% DV
Telur, Vitamin D 35 IU, 9% DV
Keju , Vitamin D 16 IU/ 100 gram  – 4 % Daily Value
Bayam
Kacang kedelai
Orange juice
Jamur Tiram
Es krim vannila
Es krim cokelat
Queker Oat
Daging Babi
Daging Sapi
Jamur Putih

Baiklah itulah penjelasan tentang vitamin D serta fugsinya dan sumber makanan yang mengandung vitamin D tertinggi.

https://halosehat.com/gizi-nutrisi/panduan-gizi/12-makanan-yang-mengandung-vitamin-d-super-tinggi
https://www.kompasiana.com/amrudly/5-manfaat-vitamin-d-untuk-kesehatan-kulit-tulang-dan-mencegah-kanker_573b812cd57a61e70c667b62
https://manfaat.co.id/6-manfaat-vitamin-d-bagi-kesehatan-tubuh

1 komentar so far

Berkomentarlah dengan kata sopan dan santun
EmoticonEmoticon